Ukuran Kertas A6 Dalam Berbagai Satuan: Mm, Cm, Inchi Dan Pixel

Ukuran kertas A6 dalam berbagai satuan perlu diketahui. Seperti apa ukuran ini sebenarnya dan penggunaannya? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Jika ukuran kertas a4 biasa untuk keperluan sehari-hari berbeda dengan yang satu ini. Ukuran kertas ini memang spesifik. Penggunaannya pun hanya untuk hal tertentu. jadi wajar jika banyak yang tidak familiar dengan istilahnya.

Berikut Ukuran Kertas A6 Dalam Berbagai ukuran 

Kertas mempunyai istilah ukuran yang secara langsung menunjukkan satuan, yaitu A0 sampai dengan A10. Jenis ukuran kertas ini penggunaannya sangat terbatas. Ketika menulis dan mengirim surat masih menjadi hal biasa, ukuran A6 emang pernah popular.

Untuk kertas ukuran a6 mm dulu mudah menemukannya di kantor pos. wujudnya berupa kartu pos yang biasa untuk menulis pesan atau ucapan selamat. Namun saat ini penggunaanya tersebut sudah semakin tergerus oleh digitalisasi.

Ukuran Kertas A6 Dalam Berbagai Satuan Cm

Saat ini ukuran kertas A6 dalam berbagai ukuran banyak dicari. Penggunaan sebagai alat tulis sangat jarang. Sebenarnya salah satunya untuk mencetak foto, namun jarang yang menyebut ukuran sebenarnya.

1. Dalam Mm

Pengkonversian ukuran kertas dalam mm adalah 105 mm x 148 mm. Tentu saja tidak terlalu lebar karena itu penggunaannya hanya untuk kepentingan tertentu saja. Sangat jarang yang menulis dengan menggunakan kertas seukuran ini. 

2. Ukuran Kertas A6 Dalam Berbagai Satuan, Salah Satunya Cm

Berdasarkan ukuran sebelumnya, sangat mudah untuk mengetahui konversi dalam cm. Ukuran kertas A6 cm adalah 10,5 x 14,8. Jika ingin mencetak foto sudah cukup bagus sehingga banyak yang menggunakannya untuk kepentingan ini. 

3. Kertas A6 Dalam Inchi

Angka untuk satuan inchi lebih kecil dari cm. Untuk ukuran kertas a6 di word ke inchi adalah 4,13 x 5, 83.  Penyebutan ukuran ini lebih familiar dibanding dengan dalam satuan mm maupun cm.

Meski demikian, ketika memerlukan kartu jenis ini, ketika ke kantor pos atau ke tempat cetak foto jangan menyebut dengan ukuran dalam inchi. Berbeda penggunaan, kertas ini mendapat nama yang tidak sama.

4. Ukuran A6 Dalam Pixel

Dari semua satuan, jenis satu ini yang paling tidak familiar. Namun demikian bukan berarti tidak ada yang menanyakannya. Lantas, jika ada yang menanyakan berapa konversi ukuran dari A6 ke pixel? Jawabnya adalah tergantung pixel yang ingin diketahui.

Sebenarnya pixel bukanlah ukuran bidang. Oleh karena itu, berapapun ukurannya maka panjang dan lebarnya akan tetap sama, berdasarkan penggunaan satuan.  Berikut ukuran dalam pixel yang sering digunakan:

  • 72 PPI atau sama dengan 298 x 420
  • 96 PPI atau sama dengan 397 x 559
  • 150 PPI atau sama dengan 620 x 874
  • 300 PPI atau sama dengan 1240 x 1748
  • 600 PPI atau sama dengan 2480 x 3508
  • 720 PPI atau sama dengan 2976 x 4195
  • 1200 PPI atau sama dengan 4961 x 6992

Lantas, bagaimana perbandingan dengan ukuran A5, mana yang lebih besar? Kertas dengan ukuran A5 lebih besar dari A6. Dalam satuan dengan seri A, semakin besar angka maka sebenarnya lebih kecil.

Sebagai contoh untuk ukuran A7 dalam cm, besarnya adalah 7,4 x 10,5. Ini lebih kecil dibanding dengan A6 yang besarnya 10,5 x 14,8. Hal ini harus mendapat perhatian sehingga tidak menimbulkan kesalahan.

Ukuran kertas A6 dalam berbagai satuan memang saat ini kurang biasa digunakan. Namun bukan berarti sama sekali tidak ada yang menggunakannya. Toko kertas besar atau pada pusat foto copy ternama, biasanya menyediakan semua jenis ukuran, termasuk A6. Baca artikel lain hanya di Laskar Pena

Satu pemikiran pada “Ukuran Kertas A6 Dalam Berbagai Satuan: Mm, Cm, Inchi Dan Pixel”

Tinggalkan komentar

You cannot copy content of this page