Aplikasi Download Foto dan Video Pinterest

Aplikasi download foto dan video pinterest, termasuk salah satu media sosial yang memiliki banyak manfaat. Jika biasanya orang hanya mengenal FB, IG, dan Twitter sebagai medsos, ada Pinterest yang tidak kalah menariknya.

Pinterest sendiri pasti sudah sering terdengar hanya saja banyak yang tidak tahu apa manfaat atau kegunaan dari medsos itu sendiri. Pada kesempatan kali ini akan diulas secara rinci apa itu aplikasi download foto dan video Pinterest.

Pengertian Pinterest

Secara umum atau general, Pinterest adalah aplikasi atau layanan virtual pinboard. Meski demikian basis dari aplikasi ini adalah media sosial. Jadi pengguna Pinterest bisa mengunggah gambar, foto, bahkan video.

Unggahan seperti gambar dan video tadi bisa ditambahkan ke sebuah blog atau website dengan mengcopy paste linknya. Jadi sesuai dengan namanya yaitu aplikasi download foto dan video Pinterest, setiap media yang ada di akun Pinterest dapat diunduh.

Hal yang membedakan atau membuat Pinterest ini berbeda dari media sosial yang lain adalah fokusnya. Jadi di sini Pinterest lebih fokus kepada karya unik dan inspiratif. Unggahan yang ada dalam aplikasi didominasi dengan karya yang beda dari yang lain dan menginspirasi.

Media yang terdapat dalam Pinterest yang khas tersebut membuat banyak creator atau desainer tertarik untuk menggunakan aplikasi ini untuk mencari inspirasi baru. Dengan menjelajah di Pinterest akan memunculkan ide-ide baru.

Sejarah Pinterest

Setelah mengetahui pengertian singkat dari aplikasi download foto dan video Pinterest, pasti mulai penasaran sejak kapan aplikasi ini muncul. Pinterest ini pertama kali ada dan dikembangkan di tahun 2009 lalu. Pria yang bernama Ben Sibermann adalah orang yang menemukan Pinterest tersebut.

Sejak pertama kali apilikasi itu berkembang, lalu masuk tahun 2010 awal versi beta dari Pinterest pun meluncur ke tengah masyarakat. Berjalan 9 bulan penggunanya pun sudah mencapai 10.000 orang.

Melihat banyaknya pengguna dari ciptaanyya tersebut membuat Ben merasa perlu mengucap terima kasih pada 5.000 orang yang menjadi pertama kali menjadi user Pinterest. Ben mulai mencari tahu nomor telepon users tadi dan mengajak bertemu.

Memasuki tahun 2012, ada laporan yang menyatakan kalau pengguna dari Pinterest sudah mencapai 11,7 juta orang dari Amerika Serikat saja. Semua pengguna tersebut termasuk users yang unik, membuat Pinterest berhasil mendapatkan penghargaan Webby Award 2012.

Tak hanya itu saja, ada penghargaan lain yang disabet yaitu sebagai media sosial terbaik dan People’s Voice Award dalam kategori desain visual yang unik, tampilan yang sangat friendly, serta memiliki fungsi yang baik.

Aplikasi download foto dan video Pinterest di tahun 2019 secara diam-diam mengajukan sebuah penawaran umum perdana saham. Saat itu total nilai Pinterest sudah mencapai 12 miliar dollar. Pada bulan April di tahun yang sama Pinterest go public dengan harga 19 dolar per saham.

Fitur Pinterest

Apa yang membuat aplikasi download foto dan video Pinterest harus dicoba dan memiliki daya tarik yang kuat? Tentunya dari fitur-fitur yang ada di dalamnya. Pinterest ini mempunyai ragam fitur menarik dan bermanfaat bagi usernya dengan baik.

Fitur yang pertama adalah visual search yang namanya Lens. Ini berfungsi untuk menemukan produk dari hasil foto kamera pada perangkat pengguna Pinterest. Dari pencarian tersebut sekitar 80% pengguna sampai membeli produk tertentu yang masuk dalam fitur ini.

Hal tersebut menandakan kalau memang Pinterest memiliki keunikan sendiri. Dimana karya yang dimuat dan pengguna di dalamnya semua unik dan inspiratif. Tak heran jika users banyak yang rela mengeluarkan uang untuk membeli satu produk di medsos Pinterest.

2. Pinterest Browser Button

Ada lagi fitur lain yang menarik perhatian pengguna yaitu Browser Button atau lebih dikenal dengan Browser Extensions. Kegunaan dari fitur tersebut adalah menyimpan pins yang sudah menjadi karya favorit pengguna.

Jadi setelah user memberikan tanda suka pada sebuah pins maka otomatis akan tersimpan pada browser extensions. Jadi saat akan mencari pins favorit akan lebih mudah dan sudah terkumpul di satu fitur.

Aplikasi download video pinterest

Pada Browser Button ini masih juga ada fitur Visual search, dimana hal tersebut memudahkan siapa saja untuk mencari sebuah konten yang terkait dengan pins favoritnya. Lebih mudah menemukan lebih banyak karya atau konten yang memiliki tema sama.

3. Group Boards

Pengguna aplikasi download foto dan video Pinterest juga bisa menikmati Group Boards. Ini memungkinkan users untuk melakukan kolaborasi. Jadi setiap users akan terhubung melalui fitur ini untuk berkolaborasi bersama membuat karya yang unik dan menarik.

4. Filter Menarik

Bagi content creator fitur filter yang dapat diandalakan dalam membuat sebuah konten yang unik dan menarik tentu sangatlah penting. Pinterest pun memberikan atau menyediakan beragam filter yang handal.

Jadi setiap postingan yang dibuat bisa menggunakan filter yang unik serta bisa mencerminkan ciri khas dari pengguna. Postingan jadi lebih mudah dikenali dan memiliki keunikan tersendiri di mata pengguna lain.

5. Fitur Pencari

Aplikasi download foto dan video Pinterest juga dibekali dengan fitur pencari yang bagus. Pengguna tidak akan merasa kerepotan ketika mencari sebuah konten yang diinginkan. Hasil pencarian akan disortir berdasarkan kategori.

Pengguna cukup memasukkan keyword lalu nanti secara otomatis mesin pencari pada Pinterest akan mensortir konten yang sesuai dengan kata kunci tadi. Bahkan nanti bisa terlihat juga pengguna lain mana yang mempunyai karya yang sejenis atau masih satu tema.

Kelebihan Aplikasi Pinterest

Aplikasi download video pinterest, jika dilihat dari fiturnya yang beragam dapat dikatakan memiliki keunggulan dan keunikan pada fitur-fitur tersebut. Namun tentunya tidak hanya itu saja yang membuat aplikasi tersebut mempunyai banyak pengguna dalam waktu singkat.

1. Menjadi sumber inspirasi

Kelebihan menggunakan aplikasi download foto dan video pinterest yang pertama adalah memiliki sumber inspirasi yang tepat. Untuk pengguna yang merupakan seorang seniman, fotografer, atau desainer tentu akan sangat cocok dengan aplikasi satu ini.

Kebanyakan user di dalam Pinterest memiliki ketertarikan pada dunia visual. Tak heran jika pada akhirnya di sini banyak sekali inspirasi baru dan menarik bagi pecinta seni, fotografi, dan desain. Bahkan content creator pun mencari ide baru dari sini.

2. Media Promosi

Tak hanya bagi para orang yang mencintai seni dan fotografi atau sejenisnya. Blogger juga akan merasa lebih mudah mengelola blognya karena bisa menggunakan aplikasi ini sebagai tempat promosi.

Ada link pinboard yang bisa dimanfaatkan untuk membagikan blog atau website yang dipromosikan. Selain itu jutaan gambar juga bisa menjadi bagian dari sebuah artikel pada blog atau website dan dijadikan sebagai pinboard yang menarik.

3. Fitur Analytics

Pinterest pun mempunyai kelebihan lain yaitu fitur analytics, Dari sini pengguna bisa mencari tahu tingkat interaksi pinboard yang sudah dibagikan pada user Pinterest yang lain. Dapat menjadi bahan evaluasi dan juga mengembangkan diri.

4. Terintegrasi dengan Beragam Medsos

Bagi user pinterest yang ingin menghubungkan akunnya ke media sosial atau web manapun juga bisa. Ada pengaturan yang bisa disesuaikan user sehingga akun Pinterest secara otomatis terhubung dengan medsos lain seperti Youtube atau Instagram.

Ini termasuk salah satu keunggulan dari Pinterest yang lain. Dimana pengguna jadi bisa lebih maksimal dalam melakukan promosi produk atau karya uniknya melalui beragam media sosial yang ada.

5. Menaikkan Traffic

Aplikasi download foto dan video pinterest adalah media sosial yang juga bisa menaikkan traffic website yang dikelola pengguna. Jadi di sini 1 pin pada Pinterest bisa menyebarkan 100 kali link website yang disematkan daripada pada postingan di medsos lain.

Rata-rata pada Pinterest ini satu pin bisa menghasilkan dua kunjungan situs serta enam page views. Tentu itu angka yang tinggi pada traffic dibandingkan dengan media sosial selain Pinterest tersebut.

Cara Menggunakan Pinterest

Jika sudah tahu pengertian aplikasi download foto dan video pinterest seperti apa lalu sudah mencari tahu juga kelebihan dari aplikasi tersebut, selanjutnya adalah mengetahui cara penggunaannya. Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan aplikasi ini:

1. Cara Mendaftar Pinterest

Untuk menggunakan Pinterest, kamu harus memiliki akun terlebih dulu. Cara membuat dan mendaftarkan akun Pinterest sangat mudah, Yaitu

  • Pertama-tama buka situs Pinterest terlebih dulu dengan mengunjungi pinterest.com
  • Selanjutnya, klik tombol “Daftar” untuk menuju laman pendaftaran akun Pinterest
  • Kamu bisa memilih cara pendaftaran cepat dengan menggunakan akun Google, Facebook, maupun akun email lainnya. Pilih manapun sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
  • Kamu akan diminta mengisi formulir yang harus diisi dengan umur saat ini. Ini faktor yang sangat penting. Karena, nantinya data umurmu akan sangat mempengaruhi indeks dari platform yang kamu gunakan ini
  • Klik tombol “Lanjutkan” untuk menuju tahap berikutnya
  • Tampilan formulir berisi sejumlah pertanyaan akan muncul. Isi formulir tersebut dengan informasi yang benar
  • Setelah itu, pilihlah 5 jenis kategori topik yang kamu minati
  • Klik “Selesai” dan tunggu hingga akun Pinterest milikmu selesai.

2. Cara Membuat Papan (Board) Pinterest

Setelah memilliki akun, kini saatnya kamu membuat papan. Papan atau board ini berguna untuk memajang dan mengelompokkan jenis-jenis foto dan video yang ingin kamu bagikan. Cara membuat papan Pinterest ini sangat mudah. Yaitu:

  • Klik foto profil akunmu
  • Setelah itu, klik ikon “+” dan pilih opsi “Buat Papan”
  • Di jendela yang muncul, berikan nama board yang ingin kamu buat. Jangan lupa untuk mengisi deskripsi dan memilih kategori
  • Klik “Create”, dan papan buatanmu sudah jadi. Lakukan langkah yang sama setiap kamu ingin membuat papan yang baru.

3. Cara Mencari dan Download Pin di Pinterest

Setelah membuat board, kamu bisa langsung mencari pin untuk dipajang di papan. Sekilas informasi, pin adalah kumpulan gambar, foto, serta link dari website tertentu yang diunggah di dalam aplikasi Pinterest. Pin tersebut biasanya bisa kamu unduh atau unggah langsung ke dalam board. Untuk menarik follower, usahakan pin yang kamu unduh relevan dengan topik papan yang sudah dibuat. Untuk langkah-langkahnya, simak di sini:

  • Pertama-tama, buka aplikasi Pinterest
  • Lanjutkan dengan menekan fitur “Pencarian” yang berlokasi di bagian bawah aplikasi
  • Setelah itu, tuliskan topik atau ide yang ingin kamu cari pada kolom pencarian
  • Klik tombol “Cari Ide” dan tunggu hingga aplikasi Pinterest selesai memuat topik yang ada
  • Dari deretan kata kunci yang muncul, pilihlah kata-kata kunci yang sesuai dengan pencarianmu. Nantinya, kamu akan mendapatkan berbagai macam foto sesuai kategori
  • Klik pada foto kesukaanmu
  • Untuk mendownloadnya, kamu hanya perlu klik pada tanda titik tiga yang berlokasi di bagian pojok kanan bawah
  • Pilih opsi “Unduh gambar” dan tunggu hingga proses download selesai
  • Foto tersebut akan langsung tersimpan di galeri HP.

4. Cara Menyimpan Pin Pengguna Lain ke Koleksi Pin Pribadi

Aplikasi download foto dan video pinterest adalah

Salah satu fitur Pinterest tmemungkinkanmu untuk menyimpan pin pengguna lain ke dalam koleksi pin milikmu. Caranya sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, buka papan Pinterest milikmu
  • Setelah itu, kamu akan menemukan deretan pin-pin pengguna lainnya yang sesuai dengan tema papanmu. Pilih salah satu dengan menekan tombol “+”
  • Tunggu hinggga tanda “+” berubah menjadi tanda centang. Hal tersebut menandakan bahwa pin yang kamu pilih tadi sudah ditambahkan ke dalam papan koleksimu
  • Ingin menambahkan pin-pin lainnya? Cukup ikuti kembali langkah-langkah ini. Mudah, bukan?

5. Cara Follow Pengguna Pinterest Lainnya

Pada dasarnya, Pinterest merupakan salah satu platform media sosial yang cukup banyak digunakan. Fungsi media sosial pada umumnya juga bisa kamu akses lewat aplikasi Pinterest ini. Salah satunya adalah, kamu bisa follow pengguna Pinterest lainnya. Dengan follow akun mereka, kamu bisa melihat berbagai koleksi pin yang mereka miliki. Untuk melakukannya, lakukan langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Pinterest dan langsung masuklah ke dalam laman “Beranda”
  • Pilih salah satu foto yang terlihat menarik bagimu
  • Di bawah foto tersebut akan muncul nama username beserta jumlah pengikutnya
  • Klik “Ikuti” atau “Follow” dan tunggu hingga tulisan tombol tersebut berubah menjadi “Mengikuti”
  • Kamu bisa langsung melihat koleksi foto maupun video yang diunggah pengguna tersebut.

6. Cara Download Video di Pinterest

Selain gambar, kamu juga bisa mengunduh berbagai video menarik yang ada di aplikasi Pinterest. Untuk melakukannya, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Berikut langkah-langkah yang wajib Anda ikuti:

  • Pertama-tama, buka aplikasi Pinterest dan masuk ke dalam akunmu
  • Pada laman beranda, pilihlah jenis video yang ingin diunduh. Lanjutkan dengan menekan tombol ikon tiga titik yang lokasinya ada di bagian bawah video
  • Dari pilihan opsi yang tersedia, klik opsi “Send”, dan “Copy”
  • Kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa link tersebut sudah disalin secara otomatis ke clipboard
  • Kunjungi situs https://www.expertsphp.com/pinterest-video-downloader.html
  • Setelah itu, masukkan link video Pinterest yang sudah kamu unduh tadi pada kolom yang tersedia
  • Klik tombol “Unduh”, dan tunggu hingga situs tersebut selesai memproses permintaanmu
  • Kamu akan dibawa ke jendela baru dengan tautan video tersebut. Klik tombol “Unduh tautan” untuk mulai mengunduh video tersebut
  • Kamu akan kembali dialihkan ke laman baru berisi video player dengan video yang ingin diunduh. Klik tombol tiga titik pada bagian pojok kanan atas dan pilih opsi “Download”
  • Tunggu hingga proses download Kamu bisa langsung memutar video tersebut pada perangkat HP maupun komputer atau laptopmu.

Demikianlah ulasan serba-serbi dari Laskar Pena tentang aplikasi download foto dan video Pinterest. Aplikasi Pinterest ini memang memiliki  banyak sekali kegunaan. Selain memamerkan berbagai foto dan video karyamu, kamu bahkan juga bisa bertemu dengan pengguna yang memiliki minat yang sama. Semoga informasi di atas bermanfaat bagimu.

Tinggalkan komentar

You cannot copy content of this page