Cara Menghitung CTR FB Ads dengan Mudah

Jika Anda berkecimpung dalam dunia Digital Marketing, pasti tidak asing dengan istilah CTR dan cara menghitungnya. CTR Digital Marketing merupakan salah satu metrik yang memiliki peran penting dalam mengukur keberhasilan strategi pemasaran bisnis online. Sehingga Anda perlu juga untuk tahu bagaimana Cara menghitung CTR FB ads.

Semakin tinggi angka CTR-nya, maka semakin efektif dan tidak menutup kemungkinan bisa terjadi transaksi penjualan di sosial media seperti Facebook. Bagi Anda yang ingin strategi pemasaran bisnis online naik, maka ketahui dan pelajari Cara menghitung CTR FB ads

Seputar Click Through Rate

CTR (Click Through Rate) adalah matrik yang mengukur tingkat jumlah user yang terpapar tautan pada halaman situs yang ditayangkan. Sederhananya, CTR digunakan untuk mengukur tingkat efektivitas suatu tautan atau iklan yang menarik perhatian user. 

Kebanyakan, matrik ini digunakan untuk menganalisis performa halaman website dan iklan. Adapun halaman website secara spesifiknya meliputi:

  • Hasil organik yang muncul pada Search Engine Result Page (SERP).
  • Tautan pada landing page.
  • Tombol Call to Action (CTA) atau tautan yang terdapat dalam email.
  • Iklan Pay Per Click (PPC) di bagian halaman SERP.
  • Ads yang berasal dari sosial media (Contoh: Meta Ads). 

Pada dasarnya, CTR memiliki fungsi untuk mengukur reaksi user terhadap iklan pemasaran di sosial media. Seringkali matrik digunakan untuk mengevaluasi kinerja iklan dan kata kunci tertentu. 

Cara Menghitung Click Through Rate

Bagi Anda yang telah lama bergelut di dunia digital marketing, cara menghitung Ctr FB Ads sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Adapun cara menghitungnya, antara lain sebagai berikut: 

  1. Gunakan rumus CTR (Click Through Rate) = Total Clicks : Total impressions x 100
  2. Cara menghitung CTR FB ads hanya dengan membagi jumlah total ‘klik’ dengan jumlah total tayangan, lalu kalikan dengan 100
  3. Contohnya, iklan online mendapat klik sebanyak 200 dan telah tayang sebanyak 50.000 kali. Lalu kalikan hasil tersebut dengan 100. Maka nantinya hasil CTR yang didapat sebesar 0,4%. 

Selain cara menghitung CTR FB ads di atas. untuk menarik perhatian dan mengundang berbagai reaksi tindakan audiens, buatlah campaign yang baik, benar, dan menarik.

Sekitar 45% pengguna mencari produk yang dipasarkan secara online daripada pembelian offline dengan mengunjungi tokonya langsung.

Terlebih persentase CTR bisa digunakan sebagai indikasi awal yang berhubungan dengan tingkat ketertarikan pengguna terhadap suatu produk. Dengan meningkatkan CTR, secara otomatis akan meningkatkan traffic web yang berpengaruh pada conversion rate pada bisnis Anda.

Cara Mengoptimasi CTR yang Efektif

Ketika menerapkan cara menghitung CTR FB Ads dan ingin mengoba mengoptimasinya, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dulu. Anda juga mencari informasi-informasi terkait optimasi CTR ini di website Posterbit. Merangkum dari berbagai sumber, beriku tips meningkatkan CTR yang efektif

1. Ketahui Audiens Anda

Mengenali target bisnis sangat diperlukan ketika Anda ingin melakukan pemasaran apapun. Hal ini juga berlaku jika ingin meningkatkan CTR untuk strategi pemasaran Anda. Jika sudah melakukan riset target secara mendalam, ketahui faktor-faktor kuncinya seperti:

  • Pahami bahasa dan maksud pencarian audiens
  • Cari tahu mereka cenderung mencari dari desktop atau ponsel
  • Riset hal yang paling mungkin membuat mereka membeli dan melakukan transaksi
  • Sosial media apa yang cocok untuk retargeting dan banyak digunakan oleh audiens.

2. Optimalkan Judul dan Teks Iklan

Sebaiknya, gunakan satu atau dua keyword dalam judul dan teks iklan dengan tujuan untuk memikat kebutuhan target Anda. Dengan adanya keyword tersebut tentu menjadi lebih terfokus dalam mendapatkan CTR yang lebih tinggi. 

Selain itu, Cara menghitung CTR FB ads juga akan lebih terfokus. Jika Anda sesekali ingin mencoba meningkatkan CTR pada FBS Ads, maka harus memperhatikan judul dan wording pada campaign tersebut.

3. Sertakan CTA

CTA yang menarik akan mengundang dan memancing audiens agar mengklik iklan yang ditampilkan. Adapun beberapa contoh CTA yang menarik, antara lain:

  • Gabung Sekarang!
  • Dapatkan Penawaran Gratis!
  • Daftar Sekarang!
  • Unduh Salinan Gratis Anda!
  • Pelajari Lebih Lanjut!

4. Gunakan Gambar

Menyisipkan konten visual adalah salah satu cara meningkatkan CTR terbaik. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba menerapkan A/B testing dengan berbagai jenis gambar agar tahu jenis gambar manakah yang paling pas untuk bisnis Anda.

5. Gunakan Hashtag

Hastag atau tagar memang dapat digunakan pada berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan LinkedIn. Contohnya, jika CTR pada channel Facebook Anda rendah, coba pertimbangkan tagar mana yang bisa membantu memperluas jangkauan audiens.

Sebelum itu, sebaiknya lakukan riset terlebih dulu tentang trend yang populer di industri Anda. Gunakan hashtag yang relevan dengan konten agar peluang dilihat oleh audiens semakin besar.

CTR memang menjadi salah satu matrik dasar untuk mengukur serta mengoptimalkan kinerja iklan. Cara menghitung CTR FB Ads juga berguna dalam memastikan dan meningkatkan audiens untuk mengklik beberapa tautan iklan pemasaran yang Anda pasang.

Bagikan postingan ini:
Laskar Pena
Laskar Pena
Articles: 223

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page