Arti TBT Bahasa Gaul dan Alasan Memakainya

Anak zaman sekarang memang selalu ada saja bahasa baru yang digunakan. Terbukti setiap bulan atau pertanyaan tahunnya muncul kota kata baru, seperti TBT. Bagi pengguna sosial media, apakah sudah tahu arti TBT bahasa gaul

Pasalnya, kata ini seringkali digunakan untuk hashtag pada postingan di berbagai sosial media. Terutama di Instagram yang memang tempat posting konten paling populer. 

apa itu TBT Tiktok

Arti TBT Bahasa Gaul

Bagi yang bukan pengguna Instagram pasti masih merasa asing dan belum tahu arti TBT bahasa gaul. Meskipun begitu, mungkin pernah melihat hastag menggunakan kata tersebut. Baik pada konten teman atau milik orang lain. 

Arti TBT dalam bahasa gaul sendiri adalah singkatan dari Throwback Thursday. Tujuannya untuk mengingat kenangan masa lalu. Jadi, pengguna ingin membagikan keindahan, kesenangan, atau kesedihan di momen tersebut. 

Tentu saja gambar atau video yang diunggah adalah foto-foto lama. Misalnya ketika masih kecil, masa-masa sekolah, dan lain sebagainya. TBT ini termasuk bahasa gaul yang sangat viral dan sudah banyak yang memakainya. 

Ada pula pengguna sosial media yang hanya menggunakan hastag TB. Sebenarnya, fungsinya sama yaitu mengenang masa lalu. Hanya saja arti #TB menunjukkan bahwa kata yang digunakan hanya Throwback

Sebab, memang penggunaan yang populer #ThrowbackThursday, #TBT,  #Throwback, #TB. Sedangkan, penyematan hari Kamis karena postingan menggunakan hastag ini dilakukan pada hari tersebut. 

Jadi, arti TBT bahasa gaul bukan untuk kenangan yang terjadi di hari Kamis saja. Sebab, ketika menemukan foto masa lalu, tentu sudah lupa tanggal kejadiannya secara detail. 

Selain itu, di Instagram sendiri juga ada hastag tertentu untuk masing-masing hari. Misalnya, yang terbaru adalah #FlashbackFriday. Harta ini fungsinya seperti ingin memperpanjang kenangan yang diposting pada hari kamisnya. 

Cara Mengikuti Tren TBT

Arti throwback dalam bahasa Inggris adalah kembali. Paling banyak penggunaan untuk tren ini memang foto masa lalu atau sewaktu kecil. Lalu, bagaimana tidak memilikinya, apakah masih  bisa ikut tren TBT? 

Tidak perlu khawatir, semua pengguna sosial media memiliki kesempatan untuk memeriahkan tren ini. Hal itu karena selain foto, juga bisa menggunakan postingan lainnya. Sebagaimana dalam penjelasan berikut. 

1. Lagu Lama

Sebagian orang ada yang memiliki kenangan terhadap lagu-lagu tertentu. Apalagi lagu jaman dulu yang cenderung bisa langsung menyentuh hati para pendengarnya. Dengan lagu tersebut, pengguna juga bisa mengunggahnya. 

Kemudian, jangan lupa untuk menambahkan hastag TBT di caption. Dapat pula menceritakan kisah pengguna dibalik lagu tersebut. Jika tidak memiliki simpanan lagunya, maka bisa mencarinya di YouTube atau aplikasi lagu. 

2. Tangkapan Layar dari Status Lama

Sebelum aplikasi Instagram hadir, dulu yang populer adalah Facebook. Postingan lama bertahun-tahun lalu tersebut bisa pengguna ikutkan tren TBT. Jadi, cukup screenshot dan ingat kembali momen apa yang saat itu terjadi. 

tbt bahasa gaul adalah

Alasan Menggunakan Hastag TBT

Mengetahui arti TBT bahasa gaul saja belum cukup, kenali juga alasan penggunaan hastag ini. Ternyata bukan hanya untuk mengenang masa lalu saja, silahkan lihat sendiri alasannya dari penjelasan berikut. 

1. Ingin Bernostalgia

Alasan yang pertama ini termasuk yang paling sesuai dengan arti TB, yaitu kembali ke masa lalu. Namun, sebaiknya keseruan dan kenangan indahnya saja yang diingat agar mood semakin baik. 

Jika bernostalgia dengan kenangan buruk tentu saja bisa membuat kesal sendiri. Padahal kejadiannya sudah lama berlalu. Akhirnya, tidak bisa untuk berdamai dengan masa lalu. 

2. Ikut-ikutan Tren

Jangan heran lagi dengan alasan yang kedua ini. Pasalnya memang cukup banyak pengguna sosial media yang hanya mengikuti tren. Tujuannya mungkin ingin terlihat keren dan tidak kelihatan seperti orang yang kudet informasi. 

Padahal jika ditanyakan arti dari hastag yang digunakan apa, malah tidak tahu. Dalam situasi tersebut, tentu harus pintar-pintar berkelit agar tidak ketahuan bahwa hanya ikut-ikutan. Maka dari itu, lebih baik mengetahui arti dari hastag secara lengkap. 

3. Sebagai Sarana untuk Berbaikan

Jika sedang berantem dengan pasangan, hastag TBT ternyata bisa menjadi sarana untuk berbaikan. Caranya dengan mengunggah foto-foto kebersamaan yang sudah lalu, bisa juga tag pasangannya. 

Dengan begitu, tentu akan berpikir bahwa ternyata masih sayang dengan dengannya. Hal itu terbukti dari postingan kebersamaan tersebut. Akhirnya, bisa cepat berbaikan dan tidak berantem lagi. 

Selain TBT yang populer di Instagram, juga ada kata gaul lainnya di TikTok dan juga sedang tren. Kata gaul tersebut adalah TBL. Meskipun singkatannya hampir sama dengan TBT, tetapi memiliki arti dan fungsi yang jauh berbeda. 

Arti TBL dalam bahasa gaul adalah singkatan dari Takut Banget Loe. Kata ini mungkin digunakan untuk menantang seseorang atau dengan tujuan lainnya. TBL pertama kali dipopulerkan oleh Bandol.jpg, sebuah akun konten parodi anak remaja. 

tbl dari bandol

Akhirnya viral dan sudah banyak yang menggunakannya di berbagai sosial media lainnya, seperti Twitter. Kemudian, tidakkah penasaran dengan apa arti hastag di TikTok? Mengingat banyak sekali yang menyelamatkannya pada konten. 

Hastag sendiri biasanya berfungsi untuk branding atau promosi. Namun, saat ini sudah lebih luas fungsinya, yaitu juga bisa meningkatkan viewers. Sebab, jika menggunakan hastag viral, maka kemungkinan tayangan akan lebih banyak. 

Itulah penjelasan mengenai arti TBT bahasa gaul dan alasan kenapa banyak yang menggunakannya. Cara pengaplikasiannya pun juga sudah disematkan, jadi tinggal langsung mempraktikkan.

Tinggalkan komentar

You cannot copy content of this page