8 Aplikasi Translate Bahasa Bali Terbaru 2022

Zaman sekarang, mempelajari suatu bahasa sudah tidak lagi sulit. Termasuk mempelajari bahasa daerah, seperti bahasa Bali. Apalagi sejak munculnya berbagai aplikasi translate bahasa Bali, tentunya proses belajar bahasa Bali akan semakin mudah.

Dengan menggunakan aplikasi translate bahasa Indonesia ke bahasa Bali, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari kursus bahasa Bali. Karena tersedia 8 jenis aplikasi yang bisa Anda pilih dan gunakan untuk memahami kosa kata dalam bahasa Bali. Sehingga saat berkunjung ke Bali, Anda sudah tidak bingung lagi untuk berkomunikasi dengan masyarakatnya.

Setidaknya, Anda bisa mengucapkan beberapa kosakata dasar dalam bahasa Bali. Misalnya saja untuk mengungkapkan terimakasih bahasa Bali.

Mengenal Tentang Bahasa Bali

mengenal kamus bahasa bali

Sebelum belajar kosa kata dan kalimat menggunakan aplikasi translate bahasa Bali, Anda mungkin perlu mengenal tentang bahasa Bali. Bahasa bali sendiri merupakan sebuah bahasa austronesia dari cabang sundik dan lebih spesifik dari cabang Bali-Sasak. 

Bahasa Bali tidak hanya dituturkan di pulau Bali, tetapi juga di pulau Lombok bagian barat, dan diujung timur pulau Jawa. Kalau di Bali, bahasa Bali penggunaannya berdasarkan tingkatan, yakni ada yang disebut Bali Alus, Bali Kasar dan Bali Madya.

Hal tersebut, sebab adanya pengaruh bahasa Jawa yang menyebar ke Bali sejak zaman kerajaan Majapahit. Bahkan, sampai pada zaman kerajaan Mataram Islam, meskipun kerajaan ini tidak pernah menaklukkan Bali.

Bahasa Bali Alus digunakan untuk bertutur secara formal, seperti saat dalam pertemuan di tingkat desa adat, antara orang berkasta rendah dengan berkasta lebih tinggi dan ketika melamar wanita. Bali kasar biasa digunakan bertutur oleh orang dari kalangan kelas rendah, seperti bangsawan dengan abdi dalemnya dan kaum sudra.

Sedangkan, Bali Madya dipergunakan oleh masyarakat menengah, seperti pejabat dengan bawahannya. Jadi, tiga tingkatan bahasa Bali tersebut dipergunakan sesuai dengan kasta atau tingkatan-tingkatan masyarakat di Bali.

Nah, saat berkunjung ke Bali, Anda juga perlu mengenal beberapa kosa kata dalam bahasa Bali, misalnya bahasa bali tahun, hari, bulan atau lainnya. Jangan khawatir tidak bisa mengucapkan kosa kata bahasa bali, karena Anda bisa memanfaatkan aplikasi kamus translate bahasa Bali.

Aplikasi Translate Bahasa Bali

Anda tidak perlu bingung mencari aplikasi translate bahasa Bali yang Anda butuhkan. Berikut ini 8 rekomendasi aplikasi kamus bahasa Bali yang bisa Anda pilih.

1. Kamus Indonesia – Bali

Aplikasi kamus Indonesia – Bali dapat Anda pergunakan dengan mudah untuk menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia ke bahasa Bali dan sebaliknya. Selain itu aplikasi translate bahasa Bali ini juga dapat digunakan untuk mengetahui aksara huruf Bali atau padanan huruf Bali.

Apakah Anda ingin mencoba menggunakan aplikasi ini? Nah, untuk download kamus Indonesia – Bali Anda harus memiliki smartphone minimal Android versi 4.0. 

2. Kamus Bali – Indonesia

Dengan aplikasi translate bahasa Bali ini, Anda tidak hanya bisa menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Bali, tetapi juga bahasa Bali ke bahasa Indonesia.  Jika Anda berkunjung ke Bali, aplikasi kamus ini sangat dibutuhkan sebagai panduan saat berkomunikasi dengan masyarakatnya.

3. Basa Bali

Jika Anda butuh kamus bahasa Bali dan artinya, bisa menggunakan aplikasi Basa Bali. Aplikasi ini biasanya dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bahasa Bali di sekolah, baik untuk SD hingga mahasiswa.

Aplikasi translate bahasa Bali ini sangat mudah digunakan, karena memiliki tampilan yang sederhana. Dengan aplikasi Basa Bali, Anda tidak hanya mengetahui arti kosa kata bahasa Bali, melainkan juga bisa memahami peribahasa Bali. Tidak ada salahnya Anda mencoba aplikasi ini, apalagi jika Anda seorang pelajar.

4. Transliterasi Aksara Bali

Belajar bahasa Bali akan menjadi lebih mudah menggunakan aplikasi transliterasi aksara Bali. Sama seperti aplikasi kamus bahasa Bali pada umumnya, aplikasi ini juga mudah digunakan.

Pada aplikasi translate bahasa Bali ini tersedia fitur-fitur keren, seperti share text, menulis aksara Bali, font tulisan, mengubah tulisan menjadi gambar, bahasa Bali basis Unicode dan lainnya. Pastinya dengan ragam fitur tersebut, aplikasi menjadi tidak akan membosankan.

5. Transliteration Agus Made

Aplikasi translate bahasa Bali ini dikenal sebagai aplikasi Balinese Script.  Aplikasi ini dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Bali dan sebaliknya.

Transliteration Agus Made sangat mudah digunakan, sebab memiliki tampilan yang cukup sederhana. Jadi, aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh siapa pun, apalagi bagi seorang pemula. Anda  jangan takut tidak bisa memahami bahasa Bali saat mengunjungi pulau Dewata tersebut.

6. Translate Bahasa Bali Kamus

Ini merupakan salah satu aplikasi Balinese Translate yang cukup banyak digunakan. Karena memang aplikasi ini mudah digunakan untuk mempelajari kosa kata bahasa Bali. Selain itu juga dapat menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Bali dan bahasa Inggris.

Anda tidak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki jaringan internet. Karena translate bahasa Bali kamus bisa digunakan meski tanpa ada jaringan internet. Tampilannya yang sederhana, siapa saja mudah menggunakannya. Bahkan, Anda juga bisa copy paste text.

7. Kamus Bahasa Bali Offline

Anda pasti ingin bisa mengucapkan kosa kata dalam bahasa bali tanpa takut salah. Misalnya mengucapkan bahasa bali baju saat akan berbelanja baju. Nah, aplikasi ini sangat cocok menemani perjalanan Anda di Bali.

Apalagi Anda bisa menggunakannya secara offline. Jadi, tidak perlu merasa khawatir jika tiba-tiba tidak ada jaringan internet. Pastinya kamus bahasa Bali offline bisa Anda gunakan kapan saja dan dalam situasi apa saja.

Kerennya lagi, aplikasi ini menyediakan fitur-fitur unggulan, seperti 1000 kosa kata, navigasi yang jelas dan lainnya. Untuk menyimpan aplikasi ini di smartphone, Anda tidak memerlukan ruang penyimpanan yang besar, karena memang yang dibutuhkan kecil saja. 

8. Translate Bahasa Bali ke Jawa

Sebagai orang Jawa mungkin Anda mungkin membutuhkan kamus yang bisa translate bahasa Bali ke bahasa Jawa. Ini adalah rekomendasi aplikasi translate bahasa Bali ke Jawa terbaik. Jadi, Anda akan lebih mudah untuk memahami kosa kata  bahasa Bali.

Aplikasi kamus ini menyediakan beberapa kelebihan, di antaranya seperti warna latar belakang yang menarik, hasil terjemahan yang lebih maksimal serta mudah menggunakannya. Selain itu, aplikasi ini bisa dipasang di smartphone dengan ruang penyimpanan kecil, karena memang aplikasi ini terbilang kecil.

Nah, itulah 8 aplikasi kamus terjemah bahasa Bali terbaru 2022 yang mudah digunakan. Sekarang Anda sudah tidak bingung lagi saat ingin mengucapkan kosa kata atau kalimat dalam bahasa Bali, seperti menyebutkan rumah bahasa Bali. Karena aplikasi-aplikasi tersebut bisa menemani perjalanan Anda saat di Bali.

Demikianlah pemaparan mengenai 8 aplikasi translate bahasa Bali terbaru 2022 yang mudah digunakan oleh siapa pun dan di manapun. Selamat mencoba beberapa aplikasinya dan menikmati kunjungan Anda di Bali. Jangan lupa baca artikel lainnya hanya di Laskar Pena.

Satu pemikiran pada “8 Aplikasi Translate Bahasa Bali Terbaru 2022”

Tinggalkan komentar

You cannot copy content of this page