5 Penyebab Sinyal Tri Hilang dan Solusi Mengatasinya

Siapa sih yang tidak kesal, saat menikmati berselancar di media sosial atau sedang berkomunikasi melalui telepon, tiba-tiba sinyal Tri hilang. Bagi yang mengalaminya pasti bertanya-tanya apa sebenarnya penyebab sinyal Tri hilang?

Bagi pengguna kartu Tri, jangan panik jika tiba-tiba sinyal Tri menghilang. Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi sebab sinyal Tri hilang hari ini sebelum menemukan solusinya.

Penyebab Sinyal Tri Hilang

Ada beberapa penyebab sinyal Tri hilang dan bisanya masing-masing penyebab tersebut tidak dapat diatasi, seperti saat sinyal hilang karena pengaruh cuaca yang sedang buruk. Makanya, sebelum menemukan solusi untuk mengembalikan sinyal Tri yang hilang, ketahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya.

1. Cuaca Buruk

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa cuaca yang buruk bisa menjadi salah satu penyebab sinyal Tri hilang. Memang, semua provider di Indonesia mengandalkan cuaca yang bagus agar kartu tetap dapat digunakan dengan lancar. Makanya, saat cuaca sedang tidak baik, semua sinyal akan hilang, apalagi ketika turun hujan deras.

Tentunya, penyebab masalah ini bukan hanya dialami oleh kartu tri, melainkan semua kartu provider. Jadi, jika saat cuaca buruk, Anda jangan heran jika tiba-tiba kartu 3 tidak ada jaringan 4G.

2. Hardware Mengalami Kerusakan

Selain karena pengaruh cuaca, sinyal Tri juga bisa hilang karena terjadi kerusakan pada hardware handphone. Nah, jika sinyal tri Anda tiba-tiba menghilang, coba cek apakah hardware handphone mengalami kerusakan atau tidak.

3. Berada di Daerah Luar Jangkauan

Anda mungkin pernah jalan-jalan ke suatu tempat, kemudian tiba-tiba sinyal di handphone Anda hilang. Hal itu terjadi, karena Anda sedang berada di luar jangkauan. Setiap kartu pasti memiliki daerah jangkauannya masing-masing, begitu pun dengan kartu Tri.

4. Kartu SIM Bermasalah

Penyebab sinyal Tri hilang juga bisa karena kartu SIM yang bermasalah. Maka, tidak ada salahnya Anda mengecek kartu SIM Anda saat sinyal tiba-tiba menghilang. Bisa jadi permasalahannya ada pada kartu SIM Anda.

5. Perbaikan Sistem

Saat sedang ada perbaikan sistem, sudah pasti secara otomatis akan memutus sinyal di handphone. Perbaikan sistem ini juga biasanya tidak lama, karena setelah perbaikan selesai sinyal akan normal kembali.

Cara Mengembalikan Sinyal Tri yang Hilang

mengatasi sinyal tri hilang

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang Anda bisa menyimak cara mengembalikan sinyal data 3 yang hilang. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan:

1. Membersihkan File Cache

Cara pertama yang bisa Anda coba lakukan saat sinyal Tri hilang, yaitu membersihkan cache atau file sampah di handphone. Biasanya, di handphone ada banyak sekali file cache. Anda bisa bersihkan semua file sampah tersebut, lalu cek jaringan Tri, apakah sudah kembali atau belum.

2. Melepas Kartu SIM

Cara selanjutnya, Anda bisa mengecek kartu SIM atau kartu perdana Tri secara fisik. Bisa jadi handphone Anda tidak bisa membaca kartu Tri prime, karena memang pengaksesan kartu ini tidak bisa dilakukan secara normal.

Anda bisa mencoba dengan cara mengeluarkan SIM dari handphone, kemudian SIM tersebut pasang kembali. Setelah itu silakan cek apakah sinyal sudah kembali atau belum.

3. Mengganti Mode Jaringan

Cara mengatasi sinyal Tri yang hilang selanjutnya, yaitu mengganti mode jaringan. Pasalnya, setiap handphone memiliki koneksi jaringan internet yang berbeda-beda, seperti 2G, 3G ataupun 4G LTE

Selain itu, kekuatan setiap jaringan juga berbeda-beda. Itulah mengapa, Anda sebaiknya mencoba untuk mengganti mode jaringan. Misalnya, dari jaringan 4G menjadi ke jaringan 3G.

4. Setting APN Tri

APN atau acces point name memiliki fungsi sebagai penghubung antara handphone dengan internet. Apabila suatu server penggunaannya telah melebihi bandwidth normal, maka seluruh pengguna akan menjadi lelet. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengubah pengaturan APN dari default menjadi custom. Cara mengatasi sinyal Tri hilang ini sudah terbukti ampuh.

5. Mengaktifkan Mode Pesawat

Setiap smartphone pasti memiliki fitur mode pesawat yang bisa ditemukan pada slide menu di atas layar handphone. Namun, fitur ini sering diabaikan karena tidak tahu apa fungsinya. Padahal, fitur mode pesawat ini dapat mereset setiap permasalahan pada handphone.

Nah, jika Anda mengalami sinyal Tri hilang secara tiba-tiba, bisa mencoba mengaktifkan mode pesawat tersebut. Ini merupakan cara paling klasik untuk mengatasi sinyal kartu Tri hilang.

6. Menghubungi Pihak 3

Apabila semua cara di atas sudah Anda coba dan tetap tidak berhasil, maka Anda bisa mencoba cara yang terakhir, yaitu menghubungi Call Center 3. Anda bisa menghubungi i 123 dengan tarif Rp. 300 per satu panggilan bagi pengguna kartu prabayar. Sedangkan untuk yang berbayar, bisa menghubungi call center Tri di 0896 44000 123.

Melalui beberapa cara mengatasi sinyal Tri hilang di atas, Anda tidak akan bingung lagi kapan jaringan 3 kembali normal 2021. Pastikan Anda sudah mengecek apa sebenarnya yang menyebabkan sinyal 3 hilang.

Demikianlah ulasan mengenai 5 penyebab sinyal Tri hilang dan tips-tips mengatasinya. Selamat mencoba dan menikmati layanan internet Tri dengan aman dan lancar.

Satu pemikiran pada “5 Penyebab Sinyal Tri Hilang dan Solusi Mengatasinya”

Tinggalkan komentar

You cannot copy content of this page